10 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Desa

1138 View

tasykil.com – Hallo sahabat tasykil, bertemu kembali dengan admin yang akan memberikan informasi terbaru mengenai 10 Peluang Usaha yang Menjanjikan di Desa.

Bisnis yang sukses dan menguntungkan tak melulu dilakukan di kota besar. Ada banyak peluang usaha yang menguntungkan di desa yang dapat ditekuni.

Dengan menjalankan usaha sendiri di desa, setidaknya Anda dapat berkontribusi untuk menggerakkan perekonomian di kampung halaman tanpa perlu jauh-jauh pergi ke kota.

Berikut peluang usaha menguntungkan di desa yang bisa dicoba untuk menambah pundi-pundi rupiah.

1. Pom mini

Pedagang mengisi bensin jenis premium ke kendaraan bermotor di pom bensin Pertamini kawasan Aloha, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin (19/10). Pom bensin mini bisa menampung 150 liter bensin premium yang dijual dengan harga Rp8500 per liter. ANTARA FOTO/Umarul Faruq/ama/15

Usaha pom mini semakin diminati, khususnya di daerah atau desa yang belum banyak tersedia SPBU. Keberadaan pom bensin mini ini menggantikan usaha bensin konvensional dengan botol dan corong.

Seiring dengan meningkatnya jumlah kendaraan, membuat permintaan BBM tentu semakin tinggi. Apalagi di daerah pelosok biasanya tidak terjangkau atau jauh dari SPBU.

Menjalankan usaha pom bensin mini ini pun relatif mudah dan dapat dijalankan siapa pun tanpa membutuhkan skill khusus.

Jika tertarik memasarkan BBM, Anda dapat membuka pom bensin mini resmi di bawah pengawasan Pertamina, yaitu Pertashop.

2. Penyalur atau agen gas

Penjual menata elpiji tiga kg di agen penyalur elpiji, Tanah Abang, Jakarta, Senin (2/3). Pertamina telah mengevaluasi sejumlah agen dan pangkalan yang menyalurkan elpiji 3 kilogram dan menemukan 10 agen nakal yang menyebabkan kelangkaan di sejumlah daerah. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pd/15

Agen gas elpiji 3 kg juga bisa menjadi pilihan usaha menggiurkan di desa. Membuka usaha gas cenderung minim kerugian dan tak sulit memasarkannya, mengingat kebutuhan terhadap gas melon di masyarakat yang sangat tinggi.

Modalnya pun dapat disesuaikan dengan kemampuan Anda. Jika modal kecil, Anda bisa menjadi pengecer dengan menjual kembali beberapa buah tabung gas.

Apabila punya modal lebih, Anda bisa mengambil kesempatan berwirausaha menjadi subagen atau pangkalan gas elpiji.

3. Rumah makan

RUMAH MAKAN BARU YOGYAKARTA - foodandfeast

Warung makan menjadi pilihan bisnis yang dagangannya laku setiap hari. Anda bisa mengkhususkan jual menu sarapan sehingga membatasi jam buka hanya di pagi hari.

Di jam-jam ini umumnya banyak orang tak sempat memasak dan mencari sarapan di warung. Selain menjual nasi dan lauk pauknya, bisa menambahkan kue basah atau jajanan pasar sebagai variasi menu.

Selain itu, modal membuka usaha warung makan di desa tak begitu besar. Rata-rata, cukup siapkan Rp3-5 juta untuk menyiapkan peralatan serta bahan bakunya.

Baca juga:

4. Ternak ayam

Para Peternak Ayam Terpaksa Menjual di Bawah Harga Normal

Ternak ayam menjadi salah satu bisnis yang banyak dilirik di desa. Bagaimana tidak, daging dan telur ayam memberi kontribusi besar sebagai sumber protein hewani di Indonesia.

Usaha ternak ayam bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memulai usaha sendiri di desa. Baik ayam petelur maupun ayam pedaging keduanya sama-sama menguntungkan.

Sebagai persiapan, pastikan luas lahan sesuai dengan jumlah ayam yang akan diternak dan pilih bibit serta pakan berkualitas baik.

Untuk pemasarannya, Anda bisa menjual ke pasar tradisional, pengepul, ke tetangga, atau menjalin kemitraan dengan pihak lain.

5 Budidaya ikan lele

Berikut deretan peluang usaha yang menguntungkan di desa untuk menambah pundi-pundi rupiah Anda.

Ikan tawar yang banyak diminati ini juga bisa menjadi peluang bisnis yang menjanjikan jika dilakukan secara intensif.

Meskipun bukan tergolong usaha yang baru, namun budidaya lele di desa dapat amat menguntungkan karena permintaannya yang terus ada, bahkan berpeluang untuk ekspor ke berbagai negara.

Usaha budidaya lele maupun ayam ini cocok dilakukan di desa biasanya masih tersedia lahan luas dan lingkungan yang kondusif untuk beternak.

6. Produk UMKM khas daerah

Upaya Kabupaten Berau Berdayakan UKM

Usaha yang menguntungkan di desa selanjutnya adalah menjajakan produk UKM khas daerah yang tengah menjadi tren akhir-akhir ini.

Anda perlu melakukan survei untuk mengenali produk UMKM apa yang menjadi ciri khas daerah setempat atau identik sebagai oleh-oleh. Misalnya, kue, keripik, makanan kering, telur asin, hasil olahan laut, kopi, wastra, dan sebagainya.

Kendati bisnis ini adalah produk khas daerah, Anda dapat menginovasikan kemasannya menjadi lebih modern dan kekinian untuk meningkatkan daya saing di pasar.

7. Warung sembako

Mau Buka Usaha Warung Sembako? Simak Tipsnya Biar Laris

Di tengah kompetisi ketat dengan minimarket yang makin menjamur, namun keberadaan warung sembako di desa tetap masih sangat dibutuhkan dan dapat bersaing.

Usaha yang terkesan sepele ini jika dikelola dengan benar akan dapat memberikan untung besar dan perputaran uangnya cukup cepat.

Untuk membuka warung sembako atau toko kelontong agar cepat laku, Anda juga perlu mempertimbangkan lokasi, kualitas sembako yang dijual, serta modal usahanya.

Baca juga:

8. Pertanian hidroponik

Organic Hydroponic Fillie Iceburg leaf lettuce vegetables plantation in aquaponics system

Meski konsep hidroponik berangkat dari tren gaya hidup masyarakat urban, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan di desa.

Terlebih, umumnya masyarakat di desa telah akrab dengan bertani sehingga usaha seperti tanaman hidroponik akan lebih mudah untuk dijalankan.

Jika Anda niat dan tekun menjalankan bisnis ini, peluang produksi bisa menghasilkan keuntungan lebih tinggi, bahkan dari hasil pertanian tanah normal.

9. Usaha pangkas rambut

Ilustrasi Cukur Rambut

Jasa pangkas rambut termasuk jenis usaha yang tak kenal musim. Usaha ini akan selalu dibutuhkan siapa pun dan kapan pun, khususnya di akhir pekan atau hari libur.

Pangkas rambut dapat semakin menguntungkan jika di wilayah sekitar tidak ada usaha serupa. Namun, untuk dapat menjalankan ini, pelajari skill mencukur rambut dan perawatannya.

Bisnis cukur rambut juga termasuk usaha jasa dengan omset harian yang cukup besar.

10. Jasa jahit

Senior man makes face masks. Helps protect the population from COVID -19

Usaha yang menguntungkan di desa selanjutnya adalah membuka jasa jahit rumahan. Peluang ini cukup menjanjikan, minim risiko, dan tidak memerlukan modal besar.

Permintaan jasa jahit pakaian di desa pun cukup tinggi, khususnya untuk membuat pakaian seragam anak jika musim tahun ajaran baru tiba, busana ibu-ibu PKK, pengajian, hajatan, dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.