5 Tips Wawancara Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian

207 View

Tasykil.com- Halo sobat kembali lagi bersama admin yang selalu memberikan informasi terupdate setiap harinya. Kali ini admin akan membahas tentang 5 Tips Wawancara Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impianmu yang pastinya sedang banyak di cari oleh banyak orang.

Semua orang pasti memiliki cita-cita yang tinggi, salah satunya adalah mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan. Saat ini melamar pekerjaan memang sesuatu yang tidak mudah, sebab adanya masa pandemi covid ini kebanyakan orang malah kehilangan pekerjaannya.

Wawancara kerja memang salah satu hal yang mungkin di takuti oleh para pencari kerja, apalagi bagi mereka yang lulusan baru atau fresh graduate.

Perasaan gugup dan cemas ketika wawancara kerja pasti di alami oleh kebanyakan orang, bahkan tidak jarang perasaan gugup tersebut membuat kalian tidak fokus dengan pertanyaan yang di lontarkan oleh HRD.

Jangan khawatir berikut admin akan kutip beberapa tips wawancara agar kalian bisa mendapatkan pekerjaan yang kalian impikan. Simak ulasan berikut ini :

Baca Juga : 5 Tips Rencana Keuangan untuk Generasi Milenial

5 Tips Wawancara Kerja Yang Baik

Berikut tips wawancara kerja yang bisa kalian praktikkan ketika melamar pekerjaan :

  1. Mencari Tahu Tentang Profil Perusahaan Yang Di Lamar

Sebelum inteview, pastika kalian sudah mencari tahu tentang profil perusahaan yang akan kalian lamar dan juga mempersiapkan beberapa berkas yang sesuai dengan posisi pekerjaan yang kalian lamar.

Biasanya seorang HRD akan memberikan pertanyaan tentang posisi yang kalian lamar dan juga tentang profil perusahaan. Dengan demikian, HRD bisa tahu sejauh mana kalian memahami posisi tersebut.

2. Pastikan Untuk Selalu Komunikatif Dengan Interviewer

Memberikan jawaban yang apa adanya dan dengan kejujuran kalian itu akan membuar HRD menyukai kalian, jangan hanya menjawab ‘Ya’ atau ‘Tidak’. Karena biasanya pertanyaah HRD merupakan pertanyaan jebakan agar para pelamar menceritakan pengalamannya.

3. Tanyakan Hal-hal Yang Berkaitan Dengan Posisi Pekerjaan

Jangan gugup dan jangan takut untuk menanyakan hal-hal yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan tersebut, sebab HRD akan melihat seberapa antusias nya kalian dengan pekerjaan tersebut.

Baca Juga : 7 Aplikasi Cryptocurrency Yang Terbaik Dan Populer

Menjadi kandidat yang di butuhkan dan memiliki keinginan yang besar terhadap posisi yang kalian lamar akan membuat HRD senang tentunya.

4. Ceritakan Pengalaman Tentang Posisi Yang Di Lamar

Jika kalian sebelumnya memang pernah memiliki pengalaman yang sama dengan posisi yang akan kalian lamar, maka ceritakanlah sesuai dengan pengalaman kalian dengan baik dan komunikatif.

5. Jangan Takut Gagal

Yang terakhir ini sangat penting sekali ketika melakukan wawancara kerja, jangan pernah menaruh kata Takut Gagal dalam diri kalian sebab itu akan berpengaruh ketika kalian wawancara kerja.

Setiap orang mempunyai skill yang berbeda-beda, ketika kalian gagal dalam satu perusahaan maka akan ada perusahaan lain yang sesuai dengan skill yang kalian miliki.

Pertanyaan Interview Yang Sering Diajukan

Proses interview bisa di bilang sebagai salah satu syarat kalian di terima atau tidak sebagai pelamar. Pada sesi wawancara, kalian akan di hadapkan dengan HRD atau Direktur langsung sesuai dengan posisi yang kalian lamar.

Pasti ada saja pertanyaan interview yang gampang-gampang susah untuk di jawab. Oleh karena itu, menambah wawasan tentang beberapa pertanyaan interview itu hal yang wajib kalian pelajar. Berikut ulasannya :

  • Bisa Ceritakan Tentang Diri Kamu ?

Nah, pasti bingung kan jika kalian mendapatkan pertanyaan untuk menceritakan diri kalian sendiri kepada seorang HRD. Jangan gugup dan jangan takut pastikan kalian tetap tenang ketika mendapatkan pertanyaan seperti ini.

Baca Juga : Lirik Lagu I Love You Mama Mantu Bulan Sutena

Kalian tentu harus menjawab dengan tenang, dan kalian bisa fokus untuk menceritakan personality diri kamu sendiri yang berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

  • Dari Mana Kamu Mendapatkan Informasi Tentang Pekerjaan Ini ?

Pertanyaan ini bisa menunjukkan bahwa diri kalian memiliki koneksi dengan perusahaan tersebut. Jika kalian mendapatkan informasi tersebut dari media sosial atau dari teman kalian sendiri, maka jawablah pertanyaan tersebut dengan jujur.

  • Apa Kelebihan Dan Kekurangan Kamu ?

Pertanyaan seperti ini sangat sering kali di ajukan untuk meningkatkan seberapa sadar kalian dengan diri kalian sendiri. Jawaban untuk pertanyaan seperti ini kalian bisa mengajukan dengan masing-masing 2 atau 3 poin.

Kalian bisa menceritakan tentang kelebihan yang memang benar-benar kalian kuasai dan cukup membantu dalam bekerja. Sedangkan untuk kelemahan kalian bisa memberi jawaban solusi dari kelebihan tadi.

  • Apa Saja Rencanamu Di 2-4 Tahun Ke depan ?

Dalam menjawab pertanyaan seperti ini kalian jangan menjawab tidak tahu atau masih bingung, berikan jawaban yang jelas agar perusahaan bisa menilainya.

  • Berapa Ekspetasi Gaji Yang Kamu Inginkan ?

Jika bahasan wawancara sudah membahas tentang gaji, ini memang sangat menarik perhatian kalian. Menyebutkan nominal yang lebih bijak dan sesuai konteks masing-masing dalam melamar pekerjaan.

Nominal yang kalian sebutkan juga harus ada dasar pertimbangannya, kalian juga harus memperjelas tentang benefit kesehatan, tunjangan, dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Itulah bahasan admin kali ini tentang 5 Tips Wawancara Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua. Terus kunjungi website kami agar kalian tidak ketinggalan informasi terbaru setiap harinya.

Gallery for 5 Tips Wawancara Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian

Leave a Reply

Your email address will not be published.