Aplikasi Yandek Fungsi Kelebihan dan Kekurangannya

732 View

tasykil.com – Hallo sobat tasykil, bertemu kembali dengan admin yang akan memberikan informasi terbaru mengenai aplikasi Yandek fungsi, kelebihan, dan kekurangannya.

Mengutip dari beberapa sumber, Yandek adalah sebuah perusahaan multinasional milik Rusia yang fokus memberikan produk dan layanan yang berkaitan dengan jaringan internet.

Dalam hal ini termasuk di dalamnya transportasi, mesin pencari, layanan informasi, eCommerce, navigasi, aplikasi mobile, serta periklanan online.

Selevel dengan perusahaan multinasional lainnya, Yandex memiliki banyak sekali produk/layanan. Kami menemukan setidaknya lebih dari 70 layanan secara total.

Pendiri perusahaan dan mayoritas anggota tim Yandex berlokasi di Rusia. Sangking besarnya, perusahaan ini setidaknya memiliki 18 kantor komersial yang tersebar di seluruh dunia.

Yandex merupakan perusahaan teknologi terbesar di Rusia dan memegang rekor mesin pencari terbesar di internet di Rusia, dengan pangsa pasar lebih dari 52%.

Halaman website Yandex.ru adalah situs web ke-4 paling populer di Rusia. Yandex merupakan perusahaan yang memiliki pangsa pasar terbesar dari semua mesin pencari di Persemakmuran Negara-Negara

Merdeka dan merupakan mesin pencari terbesar kelima di dunia setelah Google, Baidu, Bing, dan Yahoo! tentunya.

Baca juga:

Asal-Usul Yandex

Setiap perusahaan besar selalu memiliki sejarah di balik kesuksesannya, begitu pula mesin pencari Yandex. Tidak bisa kita nafikan bahwa mesin pencari Yandex memiliki peran besar bagi pergerakan dan perkembangan informasi dalam ranah internet.

Karena sebagaimana kita ketahui, bahwa Yandex memiliki kapasitas yang sangat layak dalam menghadirkan informasi, secara cepat, tepat dan akurat.

Kehandalan Yandex inilah yang membuatnya naik dan bertahan di posisi kelima sebagai mesin pencari terbesar di dunia.

Dan fakta menariknya, tahukah kamu bahwa di awal-awal kemunculan Yandex sebagai mesin pencari, ia mulai hadir dalam program pencarian Rusia untuk MS-DOS, dan dikenal dengan sebutan nama Arkadia.

Masih tentang perjalanan Yandex, program Arkadia ini ditulis oleh Arkady Borkovsky, Arkady Volozh, serta Ilya Segalovich. 

Bila kita amati secara seksama, ketiganya pada tahun 1997 secara resmi meluncurkan mesin pencari dengan menggunakan nama Yandex.ru. Terang saja, sampai saat iniYandex pun sukses menawarkan jasa pencarian dan beragam teknologi internet lainnya.

Meskipun Yandex adalah citra mesin pencari bagi negara Rusia, namun ternyata menurut sumber yang beredar, perusahaan Yandex pertama kali berdiri ternyata di negara Belanda. Untuk asal usul nama Yandex sendiri, sebenarnya berasal dari frasa ‘Yet Another iNDEXer’. 

Menariknya, perusahaan Yandex sudah mendapatkan IPO (Initial public offering) sejak tahun 2011 silam. Tidak berhenti sampai di IPO, saat ini Yandex sudah terjun secara public di NASDAQ di negara Amerika Serikat dengan menggunakan symbol ticker YNDX.

Fungsi Yandex

Seperti yang telah kami kemukakan di atas, Yandex adalah sebuah perusahaan teknologi yang berfokus pada layanan dan produk internet, khususnya mesin pencari, kecerdasan buatan (artificial intelligence), serta mesin analisis. Di mana kesemuaan itu berperan penting bagi kita dalam menggunakan layanan internet.

Dari penjelasan di atas tentu sudah sangat jelas bahwa fungsi utama Yandex adalah:

Sebagai mesin pencari informasi, data, file di dalam internet dengan menggunakan atau mengetik kata kunci di bar pencariannya.

Oleh sebab itu, hampir seluruh fungsi yang dimiliki oleh Yandex sama persis dengan mesin pencari Google, Bing, Baidu dan mesin pencari pada umumnya.

Cukup dengan mengetikan kata kunci di bar pencarian, kemudian tekan enter, maka sejumlah referensi informasi terkait akan muncul di halaman web Yandex.

Terkait fungsi Yandex sendiri, ada kesamaan di halaman depan situs Yandex dengan Google atau mesin pencari pada umumnya.

Yaitu tampilan unggulan pencari situs, gambar, video, berita, dan lain-lain yang secara umum tidak jauh berbeda dengan mesin pencari lainnya.

Ada satu hal menarik dari mesin pencari Yandex, di mana pada halaman hasil pencarian terdapat pilihan apakah kita ingin melihat hasil pencarian Google atau Bing. Mirip dengan algoritma Google, Yandex cukup memberikan keakuratan dan relevansi jawab dari kata kunci yang diketik.

Produk dan Layanan Yandex

Meskipun layanan dan produknya tidak sebanyak Google, namun Yandex memiliki cukup banyak layanan bagi para penggunanya. Berikut di bawah ini adalah beberapa layanan unggulan dari Yandex:

Baca juga:

  • Yandex.Connect : Layanan ini adalah sebuah layanan B2B dari Yandex.
  • Yandex Browser : Ini adalah layanan browser yang dirancang berdasarkan pada teknologi Chromium. Browser yang cukup kekinian dan mirip dengan fungsi Chrome milik Google.
  • Yandex.DNS : Layanan DNS public gratis dari Yandex yang bisa dinikmati seluruh pengguna Yandex
  • Yandex Disk : Layanan penyimpanan Yandex dengan sistem Cloud. Google Drive versi Rusia.
  • Yandex.Mail : Ini adalah layanan dari Yandex yang secara fungsi mirip dengan Gmail [unya Google. Menariknya, layanan ini  tidak memiliki batasan penyimpanan.
  • Yandex.Images : Mesin pencari gambar dari Yandex dengan mengandalkan kata kunci atau pencarian menggunakan gambar.
  • Yandex.Money : Ini adalah layanan keren dari Yandex yang memungkinkan pengguna melakukan pembayaran secara elektronik ke vendor maupun pengguna lain.
  • Yandex.Taxi : Ini adalah layanan transportasi Yandex yang menghubungkan antara pengguna dengan perusahaan taksi di Rusia
  • Yandex.Video : Ini adalah layanan pencari video dari Yandex, yang secara umum fungsinya mirip dengan pencari video pada Google.com
  • Yandex.Translate : Mirip Google Translate, ini adalah layanan terjemahan teks secara online

Kelemahan Yandex

  • ebagian berpendapat loading Yandex cukup berat
  • Sebagian berpendapat navigasinya sulit dipahami. 
  • Tidak rekomendasi bila menggunakan device dengan spesifikasi rendah.
  • Algoritmanya belum secanggih Google.
  • Cakupan index datanya belum sedalam Google.
  • Masih banyak konten yang mengandung spam dan berbahaya.
  • Sering memberikan trafik hantu ke pemilik website

Kelebihan Yandex

  • Cakupan indeks dan hasil pencariannya cukup mumpuni
  • Tampilan interfacenya keren bergaya majalah. Sangat cocok buat pengguna yang senang membaca.
  • Memiliki algoritma yang cukup cerdas sehingga mampu menampilkan cukup akurat dan lengkap.
  • Menu navigasinya lengkap dan mudah dipahami.
  • Jumlah pengguna Eropa yang cukup tinggi. Terlebih khusus wilayah Rusia.

Akhir kata

Mungkin demikian informasi atau pembahasan yang bisa kami sampaikan mengenai aplikasi Yandex. kelebihan, kekurangan dan fungsi Yandex secara umum. Semoga apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah informasi pembaca tasykil.com.

Jangan lupa seperti biasa, bagikan artikel ini ke sosial media kalian yah! jangan biarkan informasi bermanfaat ini berhenti di kalian. Sebarkan hal yang bermanfaat karena itu mencerminkan kepribadian kalian.

Gallery for Aplikasi Yandek Fungsi Kelebihan dan Kekurangannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *