Berikut Penjelasan Curriculum Vitae (CV) yang Perlu Disimak

102 View

Tasykil.com – Hallo semuanya, pemabahasan yang akan kalian simak dari ulasan admin mengenai Berikut Penjelasan Curriculum Vitae (CV) yang Perlu Disimak.

Untuk kalian yang ingin melamar pekerjaan atau ingin bekerja di tempat lain, CV sangat berguna pada perusahaan.

CV sendiri merupakan gambaran diri sendiri, CV juga hal yang pertama dilihat perusahaan dari diri si pelamar yang ingin melamar pekerjaan.

Selain itu, Curriculum Vitae sangat penting bagi perusahaan agar pihak mereka dapat mengetahui tentang diri kalian melalu surat.

Untuk kalian yang masih kurang paham, dimana yang dimaksud barusan yakni, perusahaan akan mengetahui tentang diri kalian dan apa saja kampuan yang dimiliki.

Pada intinya, memiliki CV yang efektif dan menarik akan meningkatkan kesempatan kalian untuk mendapatkan pekerjaan yang diimpikan.

Apa yang Dimaksud Dengan CV?

CV atau Resume merupakan sebuah surat/dokumen yang menjelaskan secara ringkas tentang diri kalian, apa saja pencapian yang dilakuakan pada masa lalu.

Intinya, CV merupakan gambaran personifikasi diri dalam tulisan. Selain itu, CV yang baik adalah dimana si pembaca CV dapat membayangkan dengan baik sang pembuat CV sebelum bertemu secara fisik.

Apa Kegunaan CV?

  • CV atau Resume untuk Pelamar adalah mendeskripsikan tentang kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis (nyata) dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan.
  • CV atau Resume bagi Perusahaan yang sedang membuka lowongan pekerjaan yakni, supaya mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat si pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

Ada Bepara Jenis CV?

1. Curriculum Vitae berdasarkan urutan kronologis

CV urutan kronologis merupakan yang biasa digunakan kebanyakan orang. Jenis CV ini mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis, baik digunakan bila kalian mempunyai tipe perkerjaan yang sama sepanjang karir.

Baca juga: 5 Tips Wawancara Kerja Untuk Mendapatkan Pekerjaan Impian

Sehingga CV model ini akan memperlihatkan perkembangan karir kalian. CV seperti semacam ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.

2. Curriculum Vitae berdasarkan keterampilan

Selanjutnya CV berdasarkan keterampilan lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja, yang mana fungsinya adalah untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa kalian mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

CV ini juga cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

Penutup

Demikian ulasan yang bisa admin sampaikan kepada kalian mengenai Berikut Penjelasan Curriculum Vitae (CV) yang Perlu Disimak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *