Cara Membuat CV Online Agar Lamaran Kerjamu Diterima

185 View

tasykil.com – Hallo sobat, bertemu kembali dengan admin yang memberikan informasi terbaru mengenai cara membuat CV online agar lamaran kerjamu diterima.

Curriculum Vitae (CV) adalah salah satu dokumen yang sangat dibutuhkan dalam melamar pekerjaan. Dokumen ini melengkapi surat lamaran kerja dan menjadi pertimbangan penting Human Resources Development (HRD) dalam proses perekrutan. Kali ini kami akan menunjukkan cara membuat CV online.

CV yang bagus adalah CV yang berisi informasi tentang kita sepadat dan sejelas mungkin dengan desain tampilan yang menarik.

Cara membuat CV online sekarang ini sangat mudah dilakukan. Ada banyak aplikasi pembuat CV yang bisa kamu pakai, seperti canva, CV Maker dan Zety.com.

Berikut ini cara membuat CV online agar portofolio yang Anda hasilkan berkualitas bagus.

1. Masuk ke salah satu aplikasi pembuat CV online

Sekarang ini ada banyak situs dan aplikasi pembuat CV online yang bisa Anda pakai. Setiap situs atau aplikasi menyediakan bermacam template dan fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Baca juga:

2.Pilih template sesuai selera

Dalam memilih template CV, pastikan desain yang Anda gunakan sederhana tetapi elegan dan tetap menarik dilihat. Hindari juga menggunakan desain yang terlalu banyak gambar dan warna.

3. Pilih foto yang akan digunakan

Pastikan foto yang Anda gunakan dalam CV adalah foto profesional. Foto profesional tidak harus menggunakan foto resmi berlatar merah atau biru. Anda bisa menggunakan foto casual yang tetap memperlihatkan wajah aslimu dengan jelas.

Meskipun mencantumkan foto dalam CV tidak wajib, Akan tetapi hal ini bisa menjadi langkah awal untuk menunjukan diri Anda kepada recruiter.

4. Tulis personal statement sepadat mungkin

Bagian ini biasanya dituliskan berdekatan dengan foto bagian samping atau bawah, personal statement sangat penting untuk mendeskripsikan diri Anda secara ringkas dan padat.

Bagian ini bisa Anda isi dengan keterangan singkat pendidikan dan ketertarikanmu pada bidang pekerjaan yang Anda lamar.

5. Tulis informasi pendukung

Informasi tentang kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki, pastikan relevan dengan pekerjaan yang Anda lamar. Hal ini penting sebagai penilaian apakah kemampuan dan pengalaman yang Anda miliki bisa dipakai dalam pekerjaan.

Contohnya jangan menuliskan pengalaman pernah juara memasak padahal pekerjaan yang Anda lamar adalah jurnalis.

6. Gunakan bahasa yang mudah dimengerti

Dalam mendeskripsikan diri Anda di CV, gunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti. Hindari menggunakan bahasa yang tinggi dan istilah-istilah yang sulit dipahami. Sebisa mungkin jelaskan diri Anda hanya dalam beberapa kalimat yang padat dan jelas.

Baca juga:

7. Periksa kembali

Setelah selesai menuliskan semua elemen yang ada di dalam CV dan membuat desain sesuai seleramu, jangan lupa untuk memeriksa kembali hasil pekerjaanmu.

Pastikan tidak ada kesalahan dalam penulisan dan elemen yang ada di dalam CV semua terlihat harmonis. Karena dilakukan secara daring, langkah cara membuat CV online yang satu ini perlu kalian lakukan. 

8. Unduh file

Apabila Anda sudah selesai memeriksa, langkah terakhir dalam membuat CV online adalah mengunduhnya. Anda bisa memilih mengunduh dokumen CV Anda dalam bentuk PDF atau JPEG.

Akhir kata

Itulah cara membuat CV online yang bisa Anda coba. CV yang kreatif dan menarik bisa menjadi daya tarik recruiter untuk melirik surat lamaran kerja Anda dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *