Cara Memulai Investasi Reksadana

167 View

Tasykil.com – Hallo Sobat jumpa lagi bersama admin, dikesempatan kali ini admin akan memberikan informasi yang bermanfaat bagi kamu yaitu mengenai Cara Memulai Investasi Reksadana.

Disini, perlul kamu ketahui juga tentang pengertian investasi. Jadi, investasi merupakan suatu kegiatan menanamkan modal, baik langsung maupun tidak, dengan mengharapan pada waktu nanti pemilik modal mendapatkan sejumlah keuntungan dari hasil penanaman modal tersebut.

Nah, sebelum kamu memulai untuk membeli reksadana, tentunya disini kamu perlu mengetahui terlebih dahulu atau tujuan kamu untuk memuluai investasi. Apakah kamu memiliki cita-cita yang misalnya untuk menyekolahkan anak kejenjang yang lebih tinggi.

Aatau bisa juga untuk membelli sebuah apartemen atau rumah impian kamu, atau untuk modal dana pensiun. Menentukan tujuan sangat berhunbungan erat dengan jangka waktu investasi dan jenis reksadana yang tepat untuk kamu.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Bisnis yang Cocok di Masa Pandemi

Tujuan juga bisa digunakan sebagai alat untuk investasi kamu, dibawah ini akan admin jelaskan mengnenai Cara Memulai Investasi Reksadana. Simak berikut ini.

1. Memilih Platform Investasi

Cara yang pertama, kamu harus menentukan terlebih dahulu platform investasi reksadana mana yang akan kamu gunakan. Contohnya pilih platform reksadana online yang menjual beragam produk rekdadana dari berbagaia banyak manager investasi, jadi akan banyak pilihannya.

2. Memahami Macam-Macam Reksadana

Dibawah ini ada beberapa macm reksadana yang harus kamu pahami, diantaranya adalah:

  • Reksadana pasar uang
  • Reksadana pendapatan tetap
  • Reksadana campuran
  • Reksadana campuran defensif
  • Reksadana campuran berimbang
  • Reksadana campuran dinamis
  • Reksadana saham

3. Menetukan Jangka Investasi

Ketika kamu akan memulai berinvestasi reksadana kamu akan membutuhkan jangka waktu yang tentunya tidak sama atau berbeda-beda. Ada yang kurang dari setahun atau mungkin lebih dari lima tahunan.

Baca Juga: Tips Berbisnis yang Berguna Untuk Anak Muda

4. Langkah-Langkah Investasi Reksadana

Disini kamu akan menentukan langkah-langkah dari berinvestasi reksadana. kamu harus menentukan mana yang sesuai dengan apa yang sedang kamu butuhkan.

5. Memastikan Produk Reksadana Ada Izin OJK

Kamu harus memastikan terlebih dahulu dan mengecek perizinan dari produk reksadana dan menejer investasi kamu. Jika sekiranya meragukan kamu sangat berhak untuk menolak tawaran berinvestasi yang mereka ajukan.

6. Belajar dan pahami Prospektus Reksadana

Prospektus dapat dikatakan sebagai buku manual untuk berinvestasi di reksadana. Segala macam informasi yang Anda butuhkan tentang reksadana ada di sini, mulai dari perizinan, manajer investasi, kebijakan investasi, biaya-biaya investasi, hingga tata cara pembelian dan penjualan reksadana.

Baca Juga: 5 Jenis Usaha Daur Ulang Dari Barang Bekas

Akhir Kata

Demikian informasi ini admin sampaikan semoga dapat bermanfaat dan membantu juga. Admin akan kembali lagi dengan memberikan informasi yang tak kalah penting lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *