Cara Mengatur Keuangan Menurut Pakarnya

145 View

Tasykil.com- Halo sobat kembali lagi bersama admin ini yang setiap harinya selalu memberikan informasi terbaru dan tentunya sangat di sayangkan jika kalian lewatkan. Kali ini admin akan membahas tentang bagaimana Cara Mengatur Keuangan Menurut Pakarnya.

Tidak banyak orang yang tahu tentang bagaimana cara mengatur keuangannya, sebagian orang selalu meminta bantuan orang lain untuk mengelola keuangannya. Padahal dengan mengatur atau mengelola keuangan pribadi dengan kalian sendiri itu lebih bagus.

Memiliki penghasilan setiap bulan secara tetap pasti pernah menemukan masalah dalam mengelola keuangan. Sering kali bingung uang yang begitu mudah habis ketika sudah di tangan, keuangan yang hampir tidak pernah cukup setiap bulannya. Padahal pikirnya sudah mengelola keuangan dengan baik menurut dirinya sendiri.

Banyak orang yang sulit untuk mengelola keuangan dengan baik, Lantas seperti apa yang sebenarnya dalam mengelola keuangan ini, apakah ada hal yang salah yang sudah mereka lakukan dalam mengatur keuangannya. Simak ulasan berikut sampai selesai agar kalian tahu jawabannya.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Bisnis yang Cocok di Masa Pandemi

Mengatur Keuangan Menurut Beberapa Pakar

  1. Menurut Teguh, pengelolaan keuangan yang baik harus dilakukan dalam dua sisi yaitu income (pendapatan) dan pengeluaran. Dua sisi ini harus benar-benar dilakukan secara seimbang. Jika di lihat dari income (pendapatan) maka yang di dapat harus di sesuaikan dengan kebutuhan, Sedangkan jika dilihat dari sisi pengeluaran maka segala kebutuhan yang kita perlukan harus di rincikan sesuai pendapatan.
  2. Menurut Halofina Eko Pratomo merupakan seseorang pendiri dan penasihat senior mengatakan bahwa ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan. Berikut beberapa cara yang bisa di terapkan untuk mengelola keuangan :

– Pertama, Yearly Routine Expenses adalah suatu pengeluaran rutin yang wajib di bayarkan secara tahunan seperti Pajak, mudik, zakat, dan juga kegiatan rutin lainnya setiap tahun.

– Kedua, Non Routine Big Expenses merupakan suatu pengeluaran yang memang tidak rutin untuk di keluarkan namun membutuhkan pengeluaran yang cukup besar seperti contohnya keperluan ibadah, membeli kendaraan baru dan yang lainnya.

– Yang terakhir yaitu Monthly Routine Expenses yang merupakan pengeluaran yang sangat wajib dikeluarkan seperti membayar cicilan, kebutuhan rumah tangga, dan transportasi.

Baca Juga : 5 Jenis Usaha Daur Ulang Dari Barang Bekas

Kelola keuangan dengan baik agar setiap bulan maupun setiap tahunnya sudah tidak takut untuk kekurangan, sebab sudah di tata secara rapih pengeluaran maupun pendapatannya.

Cara Mudah Mengatur Keuangan

Mengelola atau mengatur keuangan setiap bulan memang hal yang sangat menantang, sebab jika cara nya salah maka keuangan yang kalian miliki bisa saja habis sebelum waktunya. Jika kalian bingung mau memulai dari mana mengatur keuangannya, berikut admin berikan cara dan tips mudah mengatur keuangan.

Kalian bisa menggunakan metode 50-30-20 agar bisa menyederhanakan prosesnya, berikut penjelasannya :

  • 50 Persen Untuk Kebutuhan

Penghasilan setiap bulan bisa di sisihkan sebesar 50 persen dari pendapatan mu untuk digunakan hal-hal yang memang dibutuhkan. Mencakup biaya penting seperti bayar sewa, biaya makan, bayar cicilan dan yang lainnya.

  • 30 Persen Untuk Keinginan

Menyisihkan 30 persen dari pendapatn atau gaji kalian untuk hal yang kalian inginkan, contohnya jalan-jalan, membeli sesuatu yang di inginkan, belanja, dan kesenangan yang lainnya.

  • 20 Persen Untuk Investasi Atau Tabungan

Sisihkan 20 persen dari gaji kalian untuk tabungan atau investasi yang bisa kalian gunakan untuk keperluan mendadak atau tabungan pensiun.

Penutup

Demikian yang bisa admin sampaikan tentang Cara Mengatur Keuangan Menurut Pakarnya yang bisa kalian gunakan untuk referensi pengelolaan keuangan. Semoga bermanfaat dan membantu terima kasih sudah berkunjung.

Gallery for Cara Mengatur Keuangan Menurut Pakarnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *