Cara Trading Crypto Bagi Pemula

128 View

tasykil.com – Hallo sobat semua bertemu kembali dengan admin, dalam kesempatan kali ini admin akan memberikan informasi mengenai cara trading crypto bagi pemula.

Beberapa kurun waktu belakangan, banyak orang yang tertarik dengan investasi Cryptocurrency dan ingin tahu bagaimana cara trading crypto. Pada dasarnya trading di instrumen apapun itu sebenarnya sama saja, baik saham, emas, ITF, atau Cryptocurrency pun sama.

Bahkan, bagi orang-orang yang sudah terbiasa transaksi di lintas platform dan instrumen, sebenarnya menggunakan indikator yang mungkin secara garis besar sama saja.

Kunci untuk menjadi trader yang sukses di instrumen pasar mana saja adalah mengerti dasar-dasar trading dan tetap berpegang pada strategi saat ekonomi bergejolak.

Banyak trader pemula yang menggunakan strategi berdasarkan teori yang dipelajari, tetapi membuat kesalahan atau tergesa-gesa saat mulai mengamati perubahan harga yang sangat besar.

Supaya trading aman dan tetap cuan bagi para pemula, mari kenalan lebih dalam tentang apa itu Cryptocurrenci dan bagaimana cara trading crypto yang aman bagi pemula.

Crypto adalah aset virtual atau digital yang tidak bisa dipegang secara nyata seperti uang atau emas. Anda tidak bisa memegang kripto secara nyata karena bentuknya berupa kepemilikan, yaitu koin dalam jumlah tertentu.

Di Indonesia, animo terhadap aset kripto di tahun ini semakin tinggi. Bahkan, jumlah investor kripto telah mengalahkan investor saham. Angka tersebut diprediksi oleh Bappebti terus akan meningkat pada tahun-tahun mendatang.

Bagi para trader, aset kripto dibeli ketika harganya murah dan menjualnya kembali ketika harganya tinggi. Sedangkan bagi para investor, aset kripto mereka akan dijaga dalam jangka waktu yang lama dan menunggu kejutan profit yang diperoleh dari investasi bertahun-tahun.

Lantas, kapan aset kripto disebut murah dan layak dibeli?

Nah, pertanyaan ini Anda tanyakan lagi kepada diri sendiri, apakah Anda berniat membeli untuk dijual secara harian atau membeli untuk dijual secara mingguan, bulanan, 3 bulanan, atau 6 bulanan. Mau berapa lama pun itu, pastikan Anda selalu menggunakan analisa dan bukanlah asal menebak saja.

Baca juga: Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi di Hp Android

Anda harus membuat strategi yang tepat dalam menentukan Cryptocurrency untuk menentukan waktu jual dan beli. Ada 3 aspek utama yang harus Anda ingat selalu dalam menentukan kapan harus membeli atau menjual aset kripto, yaitu:

  • Entry point: Kapan waktu membeli dan karena apa Anda membeli
  • Taking profit: Kapan Anda jual secara untung (kapan dan berapa harga jualnya)
  • Stop loss: Kapan harus keluar dari kerugian (menjual pada saat rugi)

Struktur trading crypto

Struktur trading menggabungkan pembeli dan penjual. Dalam trading, yang satu akan untung dan lainnya rugi. Secara sederhana, jika orang tersebut memperoleh keuntungan dari penjualan, orang lain akan memiliki potensi keuntungan yang rendah.

Baca juga:

Saat masuk ke trading crypto, seseorang harus memahami tren pasar untuk mencegah dari kerugian yang tinggi. Karena pasar crypto tidak stabil, sehingga disarankan untuk menginvestasikan uang yang Anda mampu untuk kehilangan, dan bagi pemula harus berkonsultasi dengan ahlinya.

Trader cryptocurrency bersertifikat adalah ahli dalam mengelola pembelian dan penjualan mata uang kripto dengan mempertimbangkan tren pasar. Mereka juga mengetahui struktur trading dan melakukan trading crypto yang sesuai.

Nah, jika tertarik untuk menjelajahi trading crypto maka harus mempertimbangkan faktor-faktor yang mempengaruhi tren pasar. Misalnya, ketika lebih banyak orang membeli produk tertentu, harganya biasanya naik. Sebaliknya, ketika orang lebih banyak menjual dibanding membeli, harganya cenderung turun.

Strategi Trading Crypto

Untuk memahami tren pasar dengan lebih baik dalam melakukan trading crypto, ada empat strategi trading crypto untuk pemula. Keempat stretagi itu, yakni scalping, day trading, swing trading, dan position trading.

Day Trading

Trading ini melibatkan penyimpanan aset selama sehari. Day trading juga dikenal sebagai perdagangan intraday, di mana pedagang masuk dan keluar pada hari yang sama. Dalam jenis trading ini, Anda perlu mempertimbangkan analisis teknis dasar menggunakan indikator teknis yang dapat membantu menentukan kondisi pasar saat ini dan mengidentifikasi tren.

Menerapkan jenis day trading juga menawarkan keuntungan kecil, namun ini menjauhkan Anda dari volatilitas pasar dalam semalam. Day trading biasanya dilakukan selama beberapa jam.

Scalping

Scalping adalah strategi trading jangka pendek yang dilakukan banyak ahli untuk mendapatkan keuntungan instan. Untuk jenis trading ini, orang memegang koin selama beberapa menit atau detik. Namun, keuntungannya tidak sebanyak cara trading lainnya. Tujuan scalping untuk mencapai keuntungan sedikit, yang terakumulasi sepanjang hari.

Waktu optimal untuk mengeksekusi adalah ketika pasar supersibuk, maka peluang mendapatkan keuntungan maksimal. Pedagang dan ahli cryptocurrency bersertifikat secara aktif mempraktikkan trading ini untuk mendapat untung dari pergerakan harga yang kecil.

Baca juga: Cara Jitu Menjadi Trader Yang Handal Dalam Waktu Singkat

Swing Trading

Dalam swing trading, orang memegang posisi selama beberapa hari atau beberapa minggu. Jenis trading ini mengikuti tren jangka pendek hingga menengah yang biasanya berkisar antara 1-30 hari.

Orang yang tidak aktif setiap hari dan sibuk dengan pekerjaan lain bisa menggunakan strategi trading ini. Di sini, Anda tidak perlu khawatir tentang naik turunnya harga secara harian karena dalam swing trading, Anda tidak akan memegang crypto hanya untuk sehari, namun mengikuti tren dan mengecek analisis harian akan membantu mendapatkan keuntungan optimal.

Position Trading

Jika memilih strategi ini, Anda perlu fokus pada perubahan harga dalam jangka panjang. Untuk mendapatkan keuntungan maksimal, pergeseran harga utama dipertimbangkan oleh para ahli trading.

Position trading juga dikenal sebagai trading tren karena trader cenderung menahan posisi untuk jangka waktu yang lebih lama. Selain itu, menganalisis grafik harga mingguan dan bulanan dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengevaluasi tren pasar.

Saat menerapkan trading ini, trader tidak khawatir tentang fluktuasi harga yang kecil. Faktanya, mereka hanya memperhatikan tren pasar utama dan menindaklanjutinya.

Akhir kata

Nah itulah demikian pembahasan mengenai cara trading crypto bagi pemula, semoga artikel ini bermanfaat untuk semua pembaca. Selalu berhati-hati dalam melalukan segala sesuatu, ingat segala Risiko dan kerugian ditanggung Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.