Inilah Alasan Mengapa Harga Pertamax Naik

91 View

Tasykil.com – Hallo semuanya, pembahasan yang akan kalian simak dari ulasan admin mengenai Inilah Alasan Mengapa Harga Pertamax Naik.

Pemerintah sepakat harga pertamax yang awalnya Rp9000 menjadi Rp12,500 per liter, harga ini mulai diresmikan pada hari esok.

Tentu bagi kalian yang pengguna bahan bakar pertamax bertanya-tanya mengapa bisa naik? Nah ini alasan pertamina mengapa harga pertamax naik.

Pertamina memberikan alasan bisa naiknya harga pertamax dikarenakan untuk menekan beban keuangan perseroan.

Akan tetapi, untuk pertalite tidak berlaku, kenaikan harga ini hanya berlaku BBM nonsubsidi yang dikonsumsi masyarakat hanya sebesar 17% dengan rincian 14% konsumen pertamax serta 3% untuk pertamax turbo, Dexlite, dan Pertamina Dex.

Mengapa Harga Pertamax Naik

Pejabat Sementara Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan beban keuangan perseroan terdampak tingginya harga minyak didunia yang sekarang ini berada diatas 100 Dollar AS per barel.

Selain itu, ia juga mengatakan harga ini tidak bisa terelak lagi, meskipun kenaikan telah dipastikan namun kondisi ekonomi masyarakat masih dipertimbangkan.

Perseroan juga telah mempertimbangkan daya beli masyarakat, sehingga penyesuaian kenaikan BBM itu masih jauh di bawah nilai keekonomian.

Selain itu juga, kenaikan harga BBM tersebut masih dibilang lebih murah dibandingkan dengan harga BBM sejenis yang dijualkan oleh perusahaan penyalur lain.

Baca juga: Harga Bitcoin Akan Naik lagi Pada Akhir Maret 2022

Pertamina juga selalu mempertimbangkan daya beli masyarakat, harga pertamax saat ini masih kompetitif di pasar atau dibandingkan dengan harga BBM sejenis dari operator SPBU lainnya.

Namun pada sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam menyatakan nilai keekonomian Pertamax ialah Rp16.000 per liter pada April 2022.

Pada bulan Maret harga minyak mentah melambung tinggi dibandingkan pada bulan Februari yang tentu ini membuat harga keekonomian pertamax naik.

Pemerintah juga menilai krisis geopilitik pada saat ini yang mengakibatkan harga minyak dunia melambung tinggi diatas 100 Dollas AS per barel.

Penutup

Demikian ulasan yang admin sampaikan kepada kalian mengenai pembahasan Inilah Alasan Mengapa Harga Pertamax Naik.

Bagi kalian yang menyukai artikel ini, maka kalian bisa mengunjungi Tasykil.com agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published.