Inilah Pengertian Profesi Akuntansi dan Jenis-Jenis yang Perlu Kalian Tahu

65 View

Tasykil.com – Hallo semuanya, pembahasan yang akan kalian simak dari ulasan admin mengenai Inilah Pengertian Profesi Akuntansi dan Jenis-Jenis yang Perlu Kalian Tahu.

Akuntansi, tentu dalam benak kalian akuntansi hanya berupa menghitung tanpa henti, atau orang yang mengurus uang setiap harinya.

Namun, perlu kalian ketahui dalam dunia bisnis maupun usaha profesi akuntansi sangat penting adanya terutama bagian keuangan.

Akan tetapi, bukan hanya dalam keuangan saja, akuntansi berguna untuk mencatat data-data aktivitas perusahaan menjadi informasi yang digunakan sebaga dasar pengambilan keputusan.

Maka dari itu, banyak perusahaan diluar sana yang membutuhkan profesi akuntansi agar perusahaan tetap berjalan dan tidak mengalami kerugian besar.

Bagi kalian seorang akutan, dalam mencari pekerjaan tentu tidak perlu dihiraukan lagi, apalagi yang sudah memiliki gelar S1 akuntansi.

Profesi akuntansi memiliki beragam jenis. setiap jenis profesi memiliki pekerjaan atau tanggung jawab yang berbeda-beda.

Untuk itu, kalian bisa menyimak ulasan yang akan admin sampaikan seputar profesi akuntansi dan pekerjaan setiap dibidangnya.

Berikut Jenis-Jenis Profesi Akuntansi

1. Akutan Pemerintah

Akuntansi pemerintah merupakan profesi akuntansi yang bekerja dibidang lembaga-lembaga pemerintah. Tugas utamanya yakni menyusun laporan keuangan pemerntah.

Selain itu, pekerjaan akutan pemerintah mengaudit setiap intitusi-intitusi pemerintah diberbagai tingkat, membantu merencanakan kegiatan tahunan, memerikasa pengguna uang negara atau kekayaan negara, dan membuat laporan hasil pemeriksaan.

2. Akuntan Perusahaan atau Internal

Tanggung jawab akuntan perusahaan adalah membuat catatan transaksi keuangan, penyusunan laporan manajemen, dan penyusunan laporan keuangan umum yang isinya membahas tentang neraca, laba-rugi, perubahan modal, arus kas, dan bentuk keuangan lainnya dalam suatu perusahaan.

3. Akuntan Pendidik

Profesi akuntan pendidik tugasnya untuk mendidik dibidang akuntansi, melakukan penelitian dan pengembangan di bidang akuntansi, dan menyusun kurikulum di berbagai tingkat pendidikan.

Baca juga: Cara Menulis Rencana Bisnis

4. Akuntan Manajemen

Profesi akuntan selanjutnya yakni akuntan manajemen, tugas dari profesi akuntan ini adalaha untuk memberikan informasi terkait kesehatan keuangan perusahaan atau oraganisasi.

Tanggung jawab dari profesi akuntan manajemen yakni melakukan perencanaan dan penganggaran, membuat laporan keuangan eksternal, manajemen risiko, dan analisis profitablitias.

Penutup

Demikian ulasan yang bisa admin sampaikan kepada kalian semua, untuk yang masih kurang paham dengan penjelasan admin kalian bisa memberikan pertanyaan di kolom komentar.

Bagi yang menyukai artikel ini, maka kalian bisa mengunjungi Tasykil.com, di sana ada berbagai informasi yang bisa kalian pelajari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.