Jenis-jenis Asuransi Yang Bisa Digunakan Berikut Contohnya

177 View

Tasykil.com – Halo sobat kembali lagi bersama admin yang selalu memberikan informasi terbaru setiap harinya. Pada kesempatan kali ini admin akan memberikan sebuah informasi tentang Jenis-jenis Asuransi Yang Bisa Digunakan Berikut Contohnya.

Secara umum asuransi memiliki fungsi sebagai pelindung diri dari berbagai kerugian seperti keuangan apabila terjadi musibah atau hal yang terduga.

Sebab di dalam hidup pastinya tidak akan berjalan mulus atau terus-terusan mulus, pastinya ada saat di mana musibah atau cobaan hidup yang akan datang. Ketika musibah terjadi di sinilah asuransi memiliki manfaat.

Baca Juga : Kronologi TNI vs Polisi di Ambon

Apa Itu Asuransi

Pengertian asuransi bisa dikatakan sebagai perjanjian antara perusahaan asuransi dan pemegang polis yang menjadi dasar bagi penerimaan oleh perusahaan asuransi.

Asuransi juga di artikan sebagai sebuah perjanjian antara dua orang atau lebih di mana pihak tertanggung membayarkan iuran untuk mendapat penggantian atas risiko kerugian, kehilangan, atau kerusakan yang dapat terjadi akibat peristiwa yang tidak terduga.

Asuransi sebenarnya tidak dapat menghilangkan risiko terjadinya peristiwa yang tidak terduga, namun asuransi dapat mengurangi dampak kerugian yang muncul dari peristiwa tersebut.

Jenis-jenis Asuransi Yang Ada Di Indonesia

Saat ini semakin banyak masyarakat Indonesia yang sadar akan pentingnya memiliki asuransi sebagai perlindungan atau proteksi dari risiko buruk yang bisa terjadi kapan saja.

Baca Juga : 5 Trend Bisnis Anak Muda di Tahun 2022

Sekarang ini sudah banyak sekali jenis asuransi untuk segala keperluan, berikut beberapa jenis asuransi yang wajib kalian ketahui :

  • Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang satu ini sangat umum dimiliki oleh kalangan masyarakat, bahkan pemerintah Indonesia sudah mewajibkan seluruh penduduknya untuk memiliki asuransi kesehatan atau BPJS kesehatan.

Asuransi kesehatan ini berguna untuk menanggung biaya proses perawatan jika kalian sakit. Namun, setiap produk asuransi memiliki cakupan penyakit yang berbeda-beda. Oleh karena itu, admin pastikan kalian memilih produk asuransi kesehatan yang cakupannya luas.

  • Asuransi Jiwa

Jenis asuransi ini yang akan memberikan proteksi berupa dukungan finansial atas kematian tertanggung seseorang yang sudah cukup populer di masyarakat Indonesia.

Dalam sistem pembayaran untuk jenis asuransi jiwa pun sekarang sudah makin beragam. Ada yang membayar klaim setelah kematian, dan ada pula yang memberikan tertanggung untuk mengklaim dana sebelum kematian.

  • Asuransi Pendidikan

Biaya pendidikan yang saat ini selalu naik dari tahun ke tahun, membuat para orang tua kini sadar untuk memiliki perlindungan dalam biaya pendidikan.

Pendidikan untuk anak kini sudah menjadi prioritas untuk para orang tua, maka dari itu orang tua harus memiliki asuransi pendidikan untuk anak-anaknya. Sebab asuransi pendidikan merupakan alternatif terbaik untuk menjamin aset pendidikan.

  • Asuransi Umum

Asuransi ini mempunyai fungsi untuk memberikan proteksi terhadap resiko atas kerugian maupun kehilangan.

Perlindungan dalam asuransi umum ini memiliki rentang waktu dengan jangka pendek biasanya sekitar satu tahun. Ada dua jenis asuransi umum yang ada di Indonesia yakni Jaminan Sosial dan Asuransi Sukarela.

Baca Juga : Aplikasi Twibbon Hari Guru 2021 Terbaru

Itulah beberapa jenis-jenis asuransi yang ada di Indonesia, sebenarnya masih banyak jenis asuransi yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Elemen-elemen Yang Ada Dalam Asuransi

Elemen yang ada dalam asuransi mempunyai tiga jenis elemen atau tiga macam elemen, berikut ulasannya :

  1. Polis Asuransi

Polis asuransi merupakan sebuah dokumen legal yang menjadi dasar hukum hubungan antara pihak nasabah dan pihak perusahaan asuransi. Polis asuransi ini berfungsi sebagai dasar untuk membayar biaya ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan yang di alami pihak nasabah.

2. Premi

Premi adalah kewajiban yang dibayar pihak nasabah kepada pihak penanggung sebagai jasa pengalihan risiko. Pembayaran premi ini wajib dilunasi oleh pihak nasabah agar dapat mendapatkan manfaat asuransi tersebut.

3. Klaim

Klaim asuransi adalah permohonan resmi yang diajukan nasabah terhadap perusahaan asuransi untuk melakukan pembayaran sebagai bentuk ganti rugi dalam kerusakan atau kehilangan berdasarkan ketentuan polis di atas.

Penutup

Demikian ulasan yang dapat admin sampaikan tentang Jenis-jenis Asuransi Yang Bisa Digunakan Berikut Contohnya, semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua.

Terus kunjungi laman kami agar kalian tidak ketinggalan informasi terbaru selanjutnya yang akan kami bahas. Terima kasih sudah berkunjung.

Gallery for Jenis-jenis Asuransi Yang Bisa Digunakan Berikut Contohnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.