Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit

127 View

Tasykil.com- Halo sobat banyaknya manfaat kunyit yang sangat baik bagi kesehatan yang tidak banyak orang tahu. Kunyit yang di kenal oleh banyak orang sebagai bumbu dapur, ternyata memiliki banyak sekali manfaat baik untuk tubuh maupun kulit.

Manfaat kunyit tidak hanya untuk melezatkan makanan tetapi juga baik untuk menjaga kesehatan seperti mencegah penyakit jantung dan juga kanker. Kunyit juga sudah sejak lama menjadi bahan obat tradisional, hal ini di sebabkan karena kunyit memiliki kandungan kurkumin yang baik untuk kesehatan.

Untuk kalian yang belum tahu tentang banyaknya manfaat kunyit, simak penjelasan dalam artikel berikut ini yang mungkin bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Baca Juga : Cara Menghasilkan Uang Dari Ide Sederhana

Nutrisi Yang Terkandung Dalam Kunyit

Beberapa nutrisi yang terkandung dalam kunyit ini sangat bermanfaat sekali untuk kesehatan tubuh, berikut rincian kandungannya :

  • Vitamin C
  • Zat Besi
  • Protein
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Magnesium
  • Kalium

Selain beberapa nutrisi di atas kunyit juga masih memiliki banyak nutrisi seperti salah satunya antioksidan, antimikroba, dan juga antiinflamasi yang begitu bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan gizi yang terdapat di dalam kunyit ini sangat banyak salah satunya adalah kandungan kalori yang cukup untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan

Setelah kalian baca beberapa kandungan nutrisi yang ada dalam kunyit, berikut admin jelaskan beberapa manfaat yang baik untuk kesehatan dari kunyit ini sebagai berikut :

  • Mencegah Penyakit Jantung

Seperti yang kalian ketahui, bahwa penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan nomor satu di dunia. Kunyit yang mengandung kurkumin ini bisa mencegah penyakit tersebut karena mampu meningkatkan fungsi atau lapisan pembuluh darah.

Baca Juga : Lirik Lagu Cloud Bread Resep Cinta Ibu Hits TikTok

  • Meringankan Gangguan Menstruasi

Kunyit di percaya bisa meredakan krak atau sakit saat datang bulan bagi wanita, sakitnya kram saat menstruasi memang tidak bisa tertahankan. Maka dari itu, kalian bisa mencoba untuk memanfaatkan kunyit dalam mengobatinya.

  • Mencegah Kanker

Kandungan kunyit yaitu kurkumin yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran sel kanker. Namun masih di perlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

  • Mengatasi Gangguan Saluran Pencernaan

Kandungan Kurkumin yang ada dalam kunyit terbukti efektif dalam mengatasi berbagai gangguan saluran pencernaan, seperti lambung dan lain sebagainya.

  • Meredakan Rasa Gatal Pada Kulit

Kunyit dapat meredakan rasa gatal pada kulit yang di akibatkan oleh penyakit ginjal kronis. Cara penggunaannya kalian bisa mengonsumsi kunyit 3 kali dalam sehari selama kurang lebih 8 minggu.

  • Mengurangi Depresi

Dengan mengonsumsi kunyit mampu mengurangi gejala depresi, sebab kandungan kurkumin yang dapat membantu antidepresan bekerja lebih baik.

Selain beberapa manfaat kunyit di atas masih banyak beberapa manfaat kunyit yang bisa kalian dapatkan seperti menurunkan kolesterol jahat, mencegah penyakit diabetes, dan juga dapat menjaga kesehatan mata.

Efek Samping Jika Mengonsumsi Kunyit

Hingga saat ini belum juga di temukan adanya efek samping jika mengonsumsi kunyit pada dosis rendah. Beberapa peneliti juga mencatat bahwa tidak terjadi efek samping pada orang yang mengonsumsi kunyit.

Perlu kalian ketahui juga bahwa mengonsumsi kunyit secara berlebihan itu tidak baik untuk tubuh, konsumsi sesuai kebutuhan saja. Berikut beberapa efek samping yang bisa timbul ketika mengonsumsi kunyit secara berlebihan :

  • Sakit kepala
  • Mual
  • Risiko terkena kanker usu
  • Gangguan pencernaan seperti perut kembung dan yang lainya

Tetap berhati-hati dalam mengonsumsi kunyit meskipun manfaat yang terkandung di dalamnya sangat banyak. Hindari konsumsi kunyit secara berlebihan, baik itu dalam bentuk segar maupun suplemen.

Baca Juga : 10 Kesalahan Dalam Menurunkan Berat Badan

Untuk kalian yang sedang proses menurunkan berat badan ternyata kunyit juga bisa menjadi salah satu obat alaminya loh. Sebab kandungannya dapat menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol dan juga yang lainnya.

Selain warna kuning ternyata kunyit juga ada yang berwarna putih, yang mempunyai banyak manfaat sama seperti kunyit kuning ini.

Selain baik untuk kesehatan ternyata kunyit baik untuk kecantikan kulit, mempunyai manfaat yang hebat untuk merawat kecantikan kalian, Antioksidan yang ada dalam kunyit membuat penampilan kulit tampak lebih cerah dan awet muda.

Akhir Kata

Demikian ulasan admin tentang Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit semoga dapat bermanfaat dan juga membantu kalian ya. Terima kasih sudah berkunjung ke artikel ini.

Gallery for Manfaat Kunyit Bagi Kesehatan Tubuh Dan Kulit

Leave a Reply

Your email address will not be published.