Mengenal Sejarah Investasi Reksa Dana

155 View

Tasykil.com – Investasi menjadi andalan sebagian orang untuk mendapatkan keuntunga, terutama di era jaman sekarang yang sudah semakin canggih.

Maka tak heran, banyak orang berlomba-lomba mencari cara untuk bisa mendapatkan keuntungan dengan aktivitas investasi.

Sudah banyak investasi yang tersedia sekarang, salah satunya yaitu Reksadana, namun apakah diantara kalian ada yang mengetahui sejarah tentang investasi reksa dana?

Pasti banyak dari kalian yang belum mnegetahui fakta sejarahnya reksa dana, bagaimana pertama kalinya investasi ini mulai ada.

Maka dari itu, disini admin akan menjelaskan sebuah informasi kepada kalian mengenai pembahasan Mengenal Sejarah Investasi Reksa Dana.

Sejarah Investasi Reksa Dana

Invetasi reksa dana mulai adanya yaitu pada tahun 1924, reksadan pertama kali di berinama yaitu Massachusetts Investors Trust.

Tidak butuh waktu lama, sejak pertama mulai terbit investasi reksa dana, hanya butuh satu tahun saja sudah lebih dari 200 investor yang memulai aktivitas reksa dana dengan aset senilai US$ 392.000.

Namun pada tahun 1929 aktivitas reksadana mulai melambat karena bursa saham yang jatuh anjlok pada tahun itu yang membuat reksadana akhirnya melambat.

Dengan kejadian jatuhnya bursa saham, maka pihak negara amerikas serikat telah mengeluarkan undang-undang surat berharga sejak tahun 1933.

Setelah setahun amerika menerapkan undang-undang tentang surat berharga. Tahun 1994 undang-undang in telah resmi ada di amerika.

Berdasarkan isinya maka, Reksadana harus mewajibkan untuk mendaftarkan kepada Securities end exchange commission atau biasa di sebut SEC.

SEC sendiri adalah merupakan lembaga yang ada di amerka untuk mengurus atau menangati surat berharga dan pasar modal.

Baca Juga : Cara Belajar Trading Untuk Pemula Yang Aman

Selain itu. Reksadana wajib mengeluarkan prospektus yang menyediakan berbagai informasi tentang reksadana agar dapat transfaransi.

SEC juga ikut serta dalam pembentukan undang-undang investasi pada tahun 1960. Menjadi ketentuan yang wajib untuk memnuhi syarat.

Dengan ketentuan ini, maka dengan adanya perundang-undang menjadikan pertumbuhan aktivitas reksa dana mulai kembali di percayai oleh banyak investor.

Hingga sampai akhir tahun 1960-an, di perkiraan sudah ada mencapai sekitar 270 reksadana dengan mengelola dana lebih dari  48 trilion US Dollar.

Jenis-Jenis Reksa Dana

Tadi kita sudah membahas mengenai sejarah investasi reksadana, mulai dari kapan adanya, pertama kali undang-undang reksadana di buat dan pertumbuhan perkembangannya.

Untuk saat ini, reksadana sudah ada berbagai jenis yang kalian bisa ikut serta dalam menjalankan investasi reksa dana.

Berikut Jenis-Jenis Reksa Dana yang sudah mulai ada di era jaman sekarang.

  1. Reksadana Pasar Uang
  2. Reksadana Saham
  3. Reksadana Campuran
  4. Reksadana Pendapatan Tetap
  5. Reksadana Terproteksi

Itulah jenis-jenis investasi yang sudah ada di tahun sekarang, kalian bisa memulai aktivitas sebagai investor dan bisa menggunakan salah satunya sebagai sumber keuntungan.

Baca Juga : 5 Peluang Usaha Online Yang Cocok Untuk Anak Muda dan Menjanjikan

Penutup

Itu saja yang bisa admin sampaikan kepada kalian semua tentang pembahasan mengenai tentang informasi Mengenal Sejarah Investasi Reksa Dana.

Kalian bisa selalu mengikuti Tasykil.com, karena ada berbagai informasi yang bisa kalian jumpai dan yang bisa kalian bagikan kepada orang terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.