Mengenali Pengertian Blockchain, Teknologi yang Dapat Mengubah Dunia

137 View

Tasykil.com – Hallo semuanya, pembahasan yang akan admin sampaikan kepada kalian mengenai Mengenali Pengertian Blockchain, Teknologi yang Dapat Mengubah Dunia.

Dunia blockchain sudah semakin populer di Indonesia belakangan ini, Semenjak tingginya keingintahuan masyarakat terhadap dunia cryptocurrency.

Bukan sekedar kalangan komunitas IT, namun teknologi ini sudah mulai familiar di kalangan masyarakat awam, fenomena yang berawal dari perkembangan teknologi internet ini kian menjadi sorotan masyarakat umum.

Lalu, sebenanrnya apa itu blockchain? apa hubungannya dengan aset cryptocurrency? Bagaimana teknologi bisa mengubah dunia?

Pertanyaan yang ada di benak kalian, disini akan admin jawabkan dengan sesuai apa yang admin dapatkan dari hasil pencarian.

Pengertian Blockchain

Blockchain adalah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan atau bank secara digital yan terhubung dengan kriptografi.

Penggunaannya tidak terlepas dari Bitcoin dan cryptocurrency liainnya, meskipu begitu, terdapata banyak sektor lainnya yang bisa memanfaatkan perkembangan teknologi dari Blockchain.

Bagi kalian yang masih kurang paham arti Blockchain, kalian bisa menyimaknya, disini admin akan memberikan penjelasan artinya.

Baca juga: Perbedaan Antara Trading Saham dan Investasi Saham

Blockchain terdiri 2 arti kata yakni, Block yang artinya kelompok, sedangkan Chain yang maknanya rantai, pengertian kedua makna teknologi ini mencerminkan bagaimana cara kerja blockchain.

Dimana, teknologi tersebut memanfaatkan resource komputer untuk menciptakan blok-blok yang terhubung (Chain).

Blok-blok yang saling terhubung nantinya akan digunakan untuk mengeksekusi sebuah transaksi. Teknologi ini memang cukup menarik karena sifatnya tidak ada pusat.

Selain itu juga, blockchain mampu berjalan sendiri menggunakan algoritma komputer tanpa ada sistem tertentu yang mengaturnya.

Kinerja Blockchain

Untuk kalian yang belum mengetahui sistem kinerja blockchain, disini admin akan memberikan sebuha penjelasannya singkatnya.

Blockchain dimulai ketika sebuah blok baru menyimpan data baru, sistem pada blockchain terbagi jadi 2 jenis record, yakni transaksi dan blok. Yang unik dari teknologi ini adalah setiap blok akan berisi hash kriptografi sehingga membentuk jaringan.

Fungsi dari hash kriptografi adalah untuk mengambil data-data dari blok asal dan mengubahnya menjadi compact string. String ini juga digunakan untuk sebagai alarm pendeteksi apabila ditemukan potensi sabotase.

Penutup

Demikian ulasan yang bisa admin sampaikan kepada kalian mengenai Mengenali Pengertian Blockchain, Teknologi yang Dapat Mengubah Dunia.

Bagi yang menyukai artikel ini, kalian bisa mengunjungi Tasykil.com agar kalian bisa mendapatkan informasi terbaru yang akan admin sampaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *