Wajib Tahu! Daftar Aplikasi Salat dan Azan Pencuri Data di Playstore

145 View

Tasykil.com – Hallo semuanya, pembahasan yang akan kalian simak dari ulasan admin mengenai Wajib Tahu! Daftar Aplikasi Salat dan Azan Pencuri Data di Playstore.

Akhir-akhir ini kembali lagi diramekan dengan aplikasi salat dan azan yang diketahui dapat mencuri data pribadi penggunanya.

Dengan hal itu, Google telah menghapus belasan yang diketahui aplikasi tersebut sangat berbahaya yang bsai mencuri data.

Penelitian keamanan dari AppCensus menemukan aplikasi-aplikasi ini membawa software development kit (SDK) yang ditanamkan untuk mencuri dari ponsel.

Bahayanya Aplikasi Pencuri Data

Jika kalian asal-asalan dalam mengunduh aplikasi dan tidak sengaja mengunduh aplikasi yang telah ditanamkan SDK.

Maka aplikasi yang telah ada SDK tersebut akan mencuri data-data privasi kalian termasuk, nomor ponsel dan alamat e-mali.

Selain itu, aplikasi salah satu yang membawa SDK ini berupa pemindai QR dan bercode yang jika diunduh akan mengumpulkan data pengguna berupa nomot telepon, alamat email, informasi IMEI, data GPS dan SSID router.

Beberapa aplikasi dapat melacak lokasi si pengguna, secara total, diketahui juga ada belasan aplikasi yang mencuri data sensitif pengguna yang sudah diunduh lebih dari 60 juta.

Baca juga: Aplikasi Zalo Video Call Terbaru 2022

Apalagi pada saat ini kita yang beragama muslim sedang menjalan bulan ramadan, yang tentunya aplikasi seperti ini semakin banyak yang mengunduhnya.

“Database yang memetakan email dan nomor telepon seseorang dengan riwayat lokasi GPS mereka sangat menakutkan, karena dapat dengan mudah digunakan untuk menjalankan layanan untuk mencari riwayat lokasi seseorang hanya dengan mengetahui nomor telepon atau email mereka, yang dapat digunakan untuk menargetkan jurnalis, pembangkang, atau saingan politik,” kata Joel Reardon dari AppCensus, seperti dikutip dari Gizmodo, Kamis (7/4/2022).

Rupanya perusahaan yang menulis kode berbahaya ini adalah Measurement Systems yang mana sebuah perusahaan asal panama yang terkait dengan Vostrom Holdings yang merupakan perusahaan berasal dari Virginia.

Inilah Aplikasi Salat dan Azan yang Diketahui Mencuri Data Sensitif ponsel

  • Audiosdroid Audio Studio DAW – Apps on Google Play – 1 juta download
  • Full Quran MP3 – 50+ Languages & Translation Audio – 1 juta download
  • Al Quran Mp3 – 50 Reciters & Translation Audio – 1 juta download
  • Smart Kit 360 – 1 juta download
  • Handcent Next SMS-Text w/MMS – 1 juta download
  • Simple weather & clock widget – 1 juta download
  • Qibla Compass – Ramadan 2022 – 5 juta download
  • QR & Barcode Scanner – 5 juta download
  • WiFi Mouse(remote control PC) – 10 juta download
  • Speed Camera Radar – 10 juta download
  • Al-Moazin Lite (Prayer Times) – 10 juta download

Penutup

Demikian ulasan yang admin sampaikan kepada kalian mengenai pembahasan Wajib Tahu! Daftar Aplikasi Salat dan Azan Pencuri Data di Playstore.

Bagi yang menyukai artikel ini, maka kalian bisa mengunjungi Tasykil.com agar tidak ketinggalan informasi terbaru dari admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *